Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Trenggalek menggelar Khotmil Qur’an se-Trenggalek pada Ahad (17/10/2021). Acara ini dilaksanakan guna menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad saw 1443 H dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang jatuh pada 22 Oktober mendatang.

Khotmil Quran diadakan untuk mendoakan para kiai dan santri yang ikut dalam membela dan mempertahankan tanah air.

“Kita juga kirim doa, berharap apa yang kami lakukan ini bisa sampai kepada beliau-beliau para pendahulu,” kata Ketua PC JQHNU Trenggalek, Ustadz Rizal Furqan Ramadhan.

Dalam menyemarakkan HSN 2021, JQHNU Trenggalek memilih Khotmil Qur’an karena JQHNU sendiri merupakan Badan Otonom (Banom) NU yang bergerak di bidang al-Qur’an.

“Jadi kegiatan khotmil sebenarnya sudah menjadi ciri khas dari JQHNU sendiri,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, masing-masing anggota membaca satu atau dua juz, hingga khatam 30 juz al-Qur’an.

Masih menurut Ustadz Rizal, kegiatan ini dapat membantu membiasakan diri sendiri untuk membaca al-Qur’an, mendorong orang lain membaca al-Qur’an, dan berkumpul dalam majelis al-Qur’an.

Selain itu di antara pintu terbesar untuk mencapai kelapangan hidup agar tidak terjebak dalam kesempitan yang membelenggu adalah dengan membaca al-Qur’an.

“Hati bisa sewaktu-waktu berkarat sebagaimana besi, maka mengingat kematian dan membaca al-Qur’an merupakan media pembersih karat tersebut,” imbuh dosen di UIN SATU Tulungagung ini.

Ustadz Rizal berharap, kegiatan Khotmil Qur’an ini dapat mempererat tali silaturahmi antar kader di tiap-tiap tingkatan mulai dari Ranting, PAC, hingga tingkat Cabang. Di samping itu ia juga megharap agar iman yang dimiliki semakin kuat, serta ketaqwaan kepada Allah Swt semakin bertambah.

“Kita hendaknya berusaha sedapat mungkin meluangkan waktu untuk membaca al-Qur’an,” pungkasnya.

Khotmil Qur’an dilaksanakan di aula lantai tiga Gedung NU Trenggalek. Hadir di acara tersebut antara lain Ketua PCNU Trenggalek KH. Fatchulloh Sholeh dan Rois Majelis Ilmi JQHNU Trenggalek KH. Hasan Bukhori. Hadir pula Ketua dan Pengurus PAC se-kabupaten Trenggalek.

(Marissa)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…