Tahun 2020, 96 Persen Sekolah Maarif Trenggalek Sudah Ujian UAMNU Online

ujian-berbasis-komputer-cbt
Ilustrasi UAMNU model CBT (Computer Based Test). Sumber: tirto.id

 

nutrenggalek.or.id – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Kabupaten Trenggalek berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sekolah/madrasah di bawah naungannya. Salah satunya, mengenai pelaksanaan ujian akhir berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).

“Alhamdulillah, di tahun 2020 ini nanti, sekolah dan madrasah Ma’arif NU Trenggalek yang sudah UAMNU online sudah 96 persen, meningkat 10 persen lebih dibanding tahun lalu,” ungkap Sekretaris PC LP Ma’arif NU Trenggalek, Dr. Mohib Asrori, MSI, seusai acara Rapat Koordinasi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Trenggalek di Gedung NU Trenggalek, Selasa (21/1/2020).

 

rapat-koordinasi-lp-maarif-nu-trenggalek
Sekretaris PC LP Ma’arif NU Trenggalek, Dr. Mohib Asrori, MSI (paling kiri) saat menyampaikan sosialisasi pada acara Rapat Koordinasi di Gedung NU Trenggalek, Selasa (21/1/2020)

 

Pada tahun 2019 kemarin, lanjut Mohib, UAMNU (Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama) LP Ma’arif NU Trenggalek, dari tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA, yang sudah menggunakan model ujian online atau CBT masih sekitar 80 persen.

“UAMNU dengan CBT memang tidak kita paksakan, dengan alasan terkait pembiayaan dan faktor-faktor lainnya. Namun kenyataannya, sekarang sudah hampir menyeluruh,” tutur dia.

Peningkatan penggunaan CBT ini juga seiring dengan meningkatnya jumlah peserta ujian. Peserta ujian di tahun 2019 masih di kisaran 2000-an siswa. Namun di tahun 2020, jumlahnya melonjak drastis, tercatat 3.124 peserta.

“Bulan Februari awal ini ada yang sudah mulai melaksanakan UAMNU pake komputer atau laptop, paperless,” kata Mohib.

Secara teknis, CBT yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU Trenggalek menganut sistem yang digunakan oleh PW (Pengurus Wilayah) LP Ma’arif NU Jawa Timur, yaitu dengan menggunakan piranti lunak VHD (Virtual Hard Disk).

“Itu (servernya) terpusat di Ma’arif Jatim, terus di-inject ke cabang. Modelnya interkoneksi, virtual. Jadi semua sekolah/madrasah Ma’arif se-Jatim sistemnya sama,” lanjut Mohib.

 

lembaga pendidikan maarif nu se-kabupaten trenggalek
Rapat Koordinasi lembaga pendidikan Ma’arif NU Trenggalek

 

Sebagai pengendali sistem, di tiap Cabang, termasuk Kabupaten Trenggalek, ada proktornya. Proktor, selain berwenang menjadi pengawas ujian, juga bertanggung jawab memastikan jaringan tetap terhubung selama pelaksanaan ujian berlangsung.

“Prinsipnya, sebagai pelaksana kebijakan NU, PC LP Ma’arif NU Trenggalek berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia,” pungkas dia.

 

(Androw Dzulfikar/Zein Ave)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *