Sejumlah pengurus OSIS SMKN 1 Pogalan mendatangi kantor LazisNU Kabupaten Trenggalek, Jumat (2/12/2022). Didampingi seorang guru, mereka menyerahkan bantuan berupa uang tunai untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan tersebut diserahkan oleh guru pendamping kepada Sekretaris LazisNU, Ust. Abdurrohman, yang menerima kedatangan mereka.

“Bantuan yang kami serahkan ini besarnya 6,9 juta rupiah,” ujar Ust. Ali Murtadho, guru pendamping tersebut.

Dikatakan Pak Ali, sapaannya, bantuan tersebut berasal dari seluruh warga sekolah, mulai dari siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Selain itu, pengurus OSIS juga menggalang donasi ke sejumlah pasar di wilayah kabupaten Trenggalek.

“Mulai Pasar Bendo, Kampak, Gandusari, Pasar Subuh, dan Pasar Bandung,” tutur Guru PAI tersebut.

Pak Ali menambahkan, penggalangan bantuan untuk korban gempa Cianjur di sekolahnya dilaksanakan pada hari Rabu (23/11) kemarin. Mereka menghimpun donasi dari para siswa, guru, karyawan sekolah. Sementara, sebanyak 24 pengurus OSIS bergerak untuk menggalang donasi di sejumlah pasar.

Tidak hanya itu, di hari yang sama juga dilaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk para korban gempa Cianjur.

“Jadi hari Rabu itu kami menggelar doa bersama, satu untuk korban Cianjur, dan satunya lagi karena besoknya, para siswa akan melaksanakan UAS,” tambah Pak Ali.

Ia berharap, bantuan ini akan bermanfaat bagi para korban. Di samping itu, kegiatan seperti ini ke depan juga menjadi kebiasaan.

“Ini kan pembelajaran, pembiasaan, dan sudah beberapa kali. Mudah-mudahan bisa semakin meningkatkan kepedulian sosial seluruh warga SMKN 1 Pogalan,” tutup Pak Ali.

Ribuan siswa SMKN 1 Pogalan melaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk korban Cianjur di halaman sekolah, Rabu (23/11).

Di pihak lain, Sekretaris LazisNU, Abdurrohman, menyampaikan apresiasinya terhadap aksi peduli tersebut. Dikatakannya, bantuan uang tunai tersebut akan disalurkan secepatnya melalui LazisNU kabupaten Cianjur.

“Secepatnya akan kita transferkan ke LazisNU di Cianjur. Terkait peruntukannya bagaimana, kita serahkan ke mereka karena mereka lah yang memahami kondisi lapangan,” kata Kang Dur, sapaannya.

Bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, mengundang kepedulian banyak pihak. Salah satunya dari SMK Negeri 1 Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

Sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jalan Raya Ngetal tersebut menggelar doa bersama sekaligus penggalangan donasi untuk korban Cianjur. Dana yang terkumpul kemudian disalurkan melalui NU Care LazisNU Trenggalek, Jumat (2/12).

Pewarta: Androw Dzulfikar

Editor: Androw Dzulfikar

Ralat berita: Siswa SMKN 1 Pogalan melaksanakan salat gaib dan doa bersama, dengan penambahan foto. Sebelumnya tertulis hanya doa bersama.
You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…