Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Trenggalek secara resmi melantik Pimpinan Anak Cabang (PAC) Tugu masa khidmat 2022-2026 pada Ahad (24/7/2022). Pelantikan berlangsung di aula Yayasan PP Qomarul Hidayah, Gondang, Kecamatan Tugu.

Sekretaris PC Fatayat NU Trenggalek Idamatul Khoiriyah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap PAC Tugu yang sangat istimewa. Sebab, mereka berada di wilayah salah satu pesantren terbesar dan tertua di Trenggalek, yakni Pesantren Qomarul Hidayah.

“Maka kita patut berbangga menjadi bagian dari Fatayat NU yang dekat dengan pesantren,” ungkap Ning Ida, sapaan akrabnya.

Kepada segenap pengurus yang dilantik, Ning Ida juga mengingatkan bahwa Fatayat NU harus menarik bagi masyarakat, terutama bagi perempuan muda.

“Sebisa mungkin Fatayat menjadi wajah citra diri perempuan,” tuturnya.

Di samping itu, ia berpesan kepada para pengurus agar selalu berpegang teguh terhadap aturan organisasi, dan selalu membangun relasi yang baik dengan Nahdlatul Ulama.

“Fatayat NU adalah Banom. Apapun organisasinya, itu pasti ada peraturannya, peraturan dasar dan peraturan rumah tangga. Maka sebagai pengurus diharap bisa memahaminya dengan baik,” imbuh Ning Ida.

Untuk itu, pengurus Fatayat NU seyogyanya mempelajari dan memahami mulai dari citra diri, tujuan, hingga visi dan misi organisasi.

“Semuanya sudah tertuang disana. Kita yang harus mau untuk mempelajarinya sehingga menjadi paham dan dapat mengamalkannya,” terangnya.

Ning Ida juga mengingatkan kembali filosofi lambang melati putih pada logo Fatayat NU. Menurutnya, lambang tersebut berarti bahwa setiap gerak langkahnya selalu dalam bimbingan dari dua unsur, yaitu Nahdlatul Ulama dan Muslimat NU. Karena itu, sinergi adalah kunci utama.

“Banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya sering sowan, untuk memohon bimbingan dan arahan,” pungkasnya.

PAC Fatayat NU Tugu dilantik setelah sebelumnya Lina Afidatis Salafiyah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua melalui Konferancab yang digelar pada Maret lalu.

Selain PAC, dilantik pula 13 Pimpinan Ranting (PR) di Kecamatan Tugu.

Hadir di acara tersebut antara lain Pengurus Cabang Fatayat NU Trenggalek dan pimpinan Banom lainnya. Hadir pula Pengasuh PP Qomarul Hidayah, Forkopimcam Tugu, dan Kepala Desa setempat.

Pewarta: Uliyatun Ni’mah

Editor: Androw Dzulfikar

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…