Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Blitar melakukan kunjungan kerja ke kantor PCNU Trenggalek, Sabtu (15/1/2022). Kunjungan dilaksanakan dalam rangka studi banding mengenai pengelolaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU.

Rombongan PCNU Kota Blitar diterima oleh Ketua PCNU Trenggalek KH Muh Fatkhulloh Sholeh, Sekretaris H Muh Nashron, dan sejumlah pengurus KBIH NU Trenggalek.

“Kita dalam rangka studi banding terkait pengelolaan KBIH,” kata H Sarianto, Sekretaris PCNU Kota Blitar, saat ditemui seusai acara.

Dikatakannya, di kota Blitar sebenarnya sudah ada KBIH An-Nahdliyah. Tetapi KBIH tersebut belum masuk dalam struktur PCNU.

“Yang kami khawatirkan ketika tidak dikelola oleh PCNU, KBIH yang notabene dulu pendirinya adalah orang-orang pendiri Nahdlatul Ulama di Kota Blitar, nantinya bisa lepas dari NU,” imbuh H Sarianto.

Oleh karena itu paska kunjungan ini, pihaknya mengaku akan menindaklanjuti dengan sejumlah langkah-langkah untuk segera memasukkan KBIH An-Nahdliyah menjadi Lembaga atau Badan Khusus di bawah PCNU Kota Blitar.

Sementara itu Ketua PCNU Trenggalek KH Muh Fatkhulloh Sholeh menyambut baik kunjungan dari Pengurus NU Kota Blitar. Menurutnya, rencana PCNU Kota Blitar untuk memasukkan KBIH ke dalam struktur PCNU sudah tepat.

“Salah satu tugas pengurus NU adalah mengarahkan dan menata warga nahdliyin agar dalam hal ibadah tetap sesuai dengan amaliyah Ahlus Sunnah wal Jamaah an-Nahdliyah,” ungkap Gus Loh, sapaannya, seusai acara.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Loh menjelaskan bagaimana menata kepengurusan KBIH di bawah PCNU. Beliau bersama H Nashron juga menyampaikan langkah-langkah guna mengurus legalitas ke Kementerian Agama, dalam hal ini Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh.

Pertemuan dalam rangka studi banding pengelolaan KBIH tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Dari PCNU Kota Blitar antara lain Wakil Rais KH. Shidik, Wakil Ketua KH. Baihaqi, dan Sekrataris KH. Sarianto.

(arkha)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…