Peserta PKD II PMII Boemi Sopal Dewantara berfoto bersama Mabinkom dan alumni seusai acara pembukaan, Kamis (1/9).

Pengurus Komisariat PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Boemi Sopal Dewantara (BSD) Trenggalek menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) ll pada Kamis (1/9) hingga Ahad (4/9). Pelatihan selama empat hari tersebut bertempat di SMK Islam Durenan.

Pembukaan PKD dilaksanakan pada Kamis (1/9) malam dengan diawali pelantikan Pengurus Komisariat masa khidmat 2022-2023.

Ketua Komisariat PMII BSD, Aimi Amanina Balqis, mengatakan, kaderisasi formal tingkat dasar tersebut diikuti oleh 34 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 29 peserta berasal dari internal komisariat BSD. Sedangkan 5 lainnya berasal dari luar kabupaten Trenggalek.

“Seluruh peserta telah mengikuti screening yang sejak dini hari tadi,” ujar Aimi.

Screening atau penyaringan peserta merupakan salah satu persyaratan dari panitia PKD. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana intelektual dan spiritual yang di miliki dari setiap peserta.

Aimi menambahkan, PKD II ini merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan. Sebab, kaderisasi merupakan jantung dari organisasi.

Adapun tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah “Internalisasi Karakter Kader Militan dalam Pergerakan Era Disrupsi”. Harapannya, peserta PKD ini nantinya menjadi kader-kader yang militan dalam mengamalkan apa yang telah didapatkan.

“Juga mampu menjadi agen perubahan dalam menjawab tantangan zaman,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Ketua Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) PMII BSD, Imam Baidowi, mengonfirmasi bahwa kaderisasi penting dilaksanakan di tiap kepengurusan. Hal ini bertujuan supaya perkembangan kader, baik secara kuantitas maupun kualitas, dapat berjalan dengan baik.

“Dengan militansi yang dimiliki, kader dapat mengambil peran penting, khususnya peran penting yang ada di dalam kampus, seperti BEM, HMP, dan UKM,” kata Baidowi.

Baidowi juga mengaku siap untuk mengawal kader-kader PMII dalam mengembangkan organisasi, terutama di kampus STKIP PGRI Trenggalek. Sebab, ia juga merupakan alumni kampus tersebut.

Pembukaan PKD II dan Pelantikan dilaksanakan pada Kamis (1/9) malam. Hadir di acara tersebut Ketua Mabinkom Sahabat Baidowi, Sahabat Triono al-Fata, dan sejumlah alumni.

Pewarta: Masjudin

Editor: Androw Dzulfikar

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…