Pelajar Trenggalek meluncurkan aplikasi digital EDO App di momen Harlah IPNU ke-68 dan IPPNU ke-67. Launching dilaksanakan secara virtual di Gedung Smart Center Kabupaten Trenggalek, Ahad (27/2/2022).

EDO App merupakan singkatan dari aplikasi Ekosistem Digital Organisasi. EDO App merupakan sebuah aplikasi android yang menyediakan layanan pendataan, administrasi, dan twibbon generator untuk seluruh tingkatan organisasi IPNU-IPPNU di Kabupaten Trenggalek.

“Alhamdulillah, setelah dipersiapkan sejak Mei 2021 lalu, akhirnya launching hari ini, sebagai kado untuk Harlah IPNU ke-68 dan IPPNU ke-67,” ungkap Ketua IPNU Trenggalek, Jalaludin Fajar.

Dikatakan Jalal, nama EDO dipilih karena merepresentasikan kata ‘edu’ atau ‘education’ yang memiliki arti ‘pendidikan’.

“Menurut kami itu sangat dekat dengan pelajar,” katanya.

Jalal menambahkan, pengembangan EDO App sendiri dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini yang mengharuskan pelajar menghasilkan transformasi digital. Selain itu, pendataan secara manual by paper saat ini sudah kurang efektif dilaksanakan.

“Memang saat ini kami di IPNU-IPPNU harus mampu beradaptasi melakukan berbagai hal berdampingan dan memanfaatkan teknologi digital,” lanjutnya.

EDO App memiliki layanan yang dapat diakses untuk mempermudah kegiatan organisasi. Saat ini, ada tiga layanan utama yang tersedia, yaitu EDO Base untuk pendataan anggota dan potensi kader, EDO Mail untuk layanan administrasi, dan EDO Tibbon sebagai twibbon generator.

EDO App merupakan karya dari Tim IT PC IPNU-IPPNU Trenggalek. Ada 12 orang yang terlibat dalam pengembangan proyek ini. Salah satu developer utamanya adalah Rekan Dwi Aji Pangestu yang merupakan graduates program beasiswa Digital Bootcamp yang diselesaikan Pimpinan Pusat IPNU & Dignitas Academy.

“Kami sangat berharap EDO App ini akan semakin memudahkan rekan rekanita di semua tingkatan untuk melaksanakan tertib administrasi dan menyukseskan pendataan database,” terang mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN SATU Tulungagung tersebut. 

Launching EDO App dilaksanakan secara virtual yang terpusat di Gedung Smart Center Kabupaten Trenggalek. Launching dihadiri oleh Sekretaris PP IPNU, PCNU Trenggalek, serta Kepala Dinas Kominfo Trenggalek.

(Uliyatun Ni’mah)

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…