Sebagai gerak cepat dalam membantu meringankan korban erupsi gunung Semeru, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek menginstruksikan Lembaga dan Banom di tingkatannya untuk menggalang donasi. Instruksi tersebut tertuang dalam surat PCNU Trenggalek Nomor  349/PC-NU/TANF/A.I/L.25/XI/2021 tertanggal 6 Desember 2021.

Dalam surat instruksi disebutkan, penggalangan dana dilaksanakan secara serempak mulai tanggal 6 Desember hingga 19 Desember (14 hari). Adapun donasi dibatasi hanya berbentuk uang, makanan cepat saji, obat-obatan, dan diaper.

Kemudian, penyaluran donasi akan dikoordinasikan masing-masing Lembaga, Badan Otonom, atau MWC (Majelis Wakil Cabang), dan disalurkan melalui NU Care LazisNU Trenggalek.

Donasi berupa uang juga bisa ditransfer ke rekening BRI 0177-01001352568 atas nama NU Care Lazisnu Trenggalek.

Donasi berupa uang atau barang juga bisa diserahkan langsung ke posko di kantor NU Care LazisNU Trenggalek pada jam kerja.

Adapun konfirmasi donasi bisa ke nomor 0822-3411-7614 (Ahmad Sholeh) atau 0822-2805-6861 (Abdul Majid).

Ketua PCNU Trenggalek KH. Muh. Fatchulloh Sholeh mengatakan, surat instruksi tersebut merupakan ikhtiar Pengurus Cabang NU Trenggalek untuk bergerak cepat dalam membantu korban bencana alam erupsi gunung Semeru yang meletus pada hari Sabtu tanggal 4 Desember kemarin.

“Kita instruksikan kepada seluruh pengurus NU beserta jamaah nahdliyyin untuk secepatnya ditindaklanjuti, dilaksanakan, dan dikoordinasikan,” kata Gus Loh.

Menurut pengasuh PP. Bumi Hidayah Attaqwa tersebut, dengan koordinasi yang baik antar pengurus di semua tingkatan, termasuk oleh tiap Lembaga dan Banom, insyallah donasi yang akan disalurkan bisa tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan.

“Semoga ikhtiar ini dapat meringankan saudara-saudara kita yang menjadi korban Semeru, terutama yang ada di Lumajang. Juga semoga menjadi amal salih kita, dan kita semua diberi keselamatan lahir dan batin. Amin,” pungkas Gus Loh.

Selain instruksi kepada Lembaga dan Banom untuk menggalang donasi, PCNU Trenggalek juga mengimbau seluruh masyarakat, khususnya warga nahdliyin untuk turut berkontribusi sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap korban erupsi gunung Semeru. Donasi akan disalurkan kepada korban di Lumajang melalui Pengurus Wilayah NU Care LazisNU Jawa Timur.

(arkha)

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…