Dalam momen Syawal 1443 H ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek menggelar halal bihalal bersama Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, pada Sabtu (4/6/2022).

Halal bihalal diikuti oleh pengurus NU tingkat MWC hingga Ranting se-kabupaten Trenggalek, juga oleh pengurus Lembaga dan Banom.

Acara halal bihalal ini disiarkan secara live streaming di Youtube NU Trenggalek Channel.

Ketua PCNU Trenggalek KH Muh Fatkhulloh Sholeh mengatakan, halal bihalal ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahim dan saling bermaafan terutama di antara pengurus NU. Selain itu juga memperkuat konsolidasi antar pengurus dari tingkat Cabang hingga Ranting, beserta Lembaga dan Banom.

Disampaikan Gus Loh, sapaan akrabnya, di usianya yang hampir seratus tahun, Nahdlatul Ulama terus berkembang semakin besar. Namun hal tersebut bukan untuk dibanggakan, melainkan justru membawa tanggung jawab perjuangan yang semakin besar pula.

“Untuk menyongsong satu abad NU ini, tentu semua elemen harus bergerak bersama. Karena itulah, halal bihalal juga bertujuan agar pengurus di semua tingkatan semakin kompak, kondusif, dan solid dalam satu barisan,” tutur Gus Loh.

Di acara tersebut, KH Marzuki Mustamar menyampaikan tausiyah selama hampir satu jam. Di antara nasihat beliau adalah agar seluruh pengurus solid dalam satu barisan, dzahiran wa bathinan, agar organisasi Nahdlatul Ulama semakin besar di usianya menjelang satu abad ini.

“Intinya, tha’atul amir (taat kepada pemimpin) menjadi kunci suksesnya program dan suksesnya organisasi,” nasihat Kiai Marzuki.

Halal bihalal dilaksanakan di lantai 3 Gedung NU Trenggalek. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan istighotsah dan tahlil singkat yang dipimpin oleh Rois Syuriah KH Mastur Ali. Kemudian doa yang secara bergiliran dibacakan oleh para masyayikh dari jajaran Syuriah.

Halal bihalal diakhiri tepat pada waktu maghrib, dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah yang diimami langsung oleh KH Marzuki Mustamar.

(arkha)

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…