nutrenggalek.or.id – Rabu (31/3) malam, Pimpinan Anak Cabang Pagar Nusa Durenan menyelenggarakan pengesahan warga baru di Kediaman Dewan Khas Pagar Nusa di Desa Sumbergayam, Durenan.

Berdasarkan keterangan Adit, Ketua Panitia penyelenggara, terdapat sekitar 50-an siswa yang dibaiat dalam agenda pengesahan sehingga statusnya resmi menjadi warga salah satu banom Nahdlatul Ulama yang bergerak dalam bidang pencak silat ini.

“malam ini Pagar Nusa Durenan mengesahkan sekitar 50-an warga baru, jumlahnya tidak banyak seperti pengesahan-pengesahan yang sudah-sudah, ya ini karena masih pandemi, kami membatasi itu (jumlah warga)”, terang Adit.

Abdul Muntolib, salah satu pengurus Pimpinan Cabang Pagar Nusa Trenggalek berharap kepada warga Pagar Nusa untuk istikomah menitih jenjang pengkhidmahan di semua banom NU.

“Dengan disahkannya warga-warga ini saya berharap kader-kader NU, khususnya Pagar Nusa semakin militan, istikomah membela kyai sampai mati, menjadi penerus perjuangan NU, dan terus melanjutkan karir perjuangannya di banom NU lainnya, seperti IPNU dan Banser”, ujarnya.

Pria dengan sapaan akrab Kang Tolib ini juga menyoroti peran kader-kader Pagar Nusa dalam menjaga kemurnian nilai-nilai NU.

“Kita tahu banyak paham radikal yang muncul sekarang ini, dan tidak menutup kemungkinan NU bisa saja disusupi, jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, di sini peran anak-anak Pagar Nusa. Sampai ada kyai yang disakiti, PN agar bergerak cepat”, terangnya dengan semangat.

Ia juga berharap, dengan keunikan karakter dari kader-kader Pagar Nusa perlu adanya dukungan dari semua Badan Otonom NU untuk ikut serta mengembangkan Pagar Nusa sebagai salah satu banom NU yang eksistensinya patut untuk diperhitungkan.

Dalam kesempatan pengesahan tersebut, salah satu Dewan Pendekar Pagar Nusa Durenan, Kang Muhab juga menyampaikan pesan kepada warga yang baru disahkan.

“Warga Pagar Nusa harus kompak, selain itu warga Pagar Nusa wajib taat kepada guru, taat kepada kyai, dan tidak boleh sombong”, tegasnya.

Dalam agenda tersebut juga tampak hadir Kasatkoryon Banser Durenan, Qorib Muchsan. Selaras dengan pesan PC Pagar Nusa Trenggalek, ia sangat berharap bahwa khidmah kader-kader tidak hanya cukup di Pagar Nusa, tetapi harus dilanjutkan dengan bergabung ke dalam banom-banom NU lainnya.

“Mohon izin, setelah hari raya ini nanti, Satkoryon Banser Durenan akan menyelenggarakan Diklatsar Banser, mohon dukungannya agar sahabat-sahabat dari Pagar Nusa ini bisa bergabung di dalam Pasukan Banser”, ujarnya saat memohon restu kepada Dewan Pendekar Pagar Nusa Durenan. (MNi)

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…