Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat internasional yang digelar di Kazan, Tatarstan, pada 17-20 Mei 2022.

Kepastian tersebut diperoleh setelah juri mengumumkan hasil lomba pada Jumat (20/5) dini hari Waktu Indonesia Barat.

Di kompetisi bertajuk KAZAN OIC Youth Capital 2022 tersebut, Ning Nida berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya dari berbagai negara muslim di dunia. Ia mengungguli peserta dari Britania Raya yang menduduki posisi kedua dan peserta dari Palestina di posisi ketiga.

Agus Hamam Nashirudin, kakak Ning Nida, mengaku bersyukur atas pencapaian di Kazan ini. Sebab, dibandingkan even-even sebelumnya, performa sang adik pada kejuaraan kali ini dapat lebih maksimal.

“Setelah kandas di beberapa even internasional sebelumnya, sekarang mendapatkan nilai kejuaraan yang sempurna,” ungkap Gus Hamam melalui sambungan Whatsapp, Jumat (20/5).

Dijadwalkan, penyerahan penghargaan akan dilakukan oleh Presiden Tatarstan, Rustam Minnikhanov pada Jumat (20/5).

Ditambahkan Gus Hamam, kemenangan Ning Nida di Kazan ini berkat perjuangan keluarga dan para santri. Sebelum Ning Nida tampil, seluruh santri putra-putri PP. Bahrul Ulum Kedungbajul Durenan melakukan mujahadah bersama.

“Demi kelancaran dan kesuksesan Ning Nida,” tuturnya.

Masih menurut Gus Hamam, Ning Nida dijadwalkan berangkat pulang pada tanggal 21, dan tiba di Indonesia pada tanggal 22 Mei.

“Perjalanan 20 jam dan transit,” imbuhnya.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung beliau, baik berupa doa maupun dukungan lainnya,” pungkas Gus Hamam.

KAZAN OIC Youth Capital 2022 digelar di kota Kazan, Tatarstan, Rusia pada 17-20 Mei 2022. Dilansir dari situs resminya, lomba baca al-Qur’an ini diselenggarakan oleh The Ministry of Youth Affairs of the Republic of Tatarstan dan the Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF).

Tujuannya untuk mempromosikan literasi dalam al-Qur’an serta mendorong pembacaan, penghafalan, dan penerapan semangat al-Qur’an dalam kehidupan. Kompetisi ini berkomitmen untuk menghubungkan generasi muda dengan mereka yang membaca Al-Qur’an.

(arkha)

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Malam Ini, 192 CJH Trenggalek Diberangkatkan dari Pendopo

Sebanyak 192 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Trenggalek dijadwalkan berangkat pada…