Salah satu program unggulan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) kabupaten Trenggalek adalah membentuk pengurus tingkat MWC atau Kecamatan dan Ranting se-kabupaten Trenggalek. Upaya tersebut sudah dilakukan sejak dilantik pada akhir November kemarin.

“Di MWC sudah 100 persen. Yang tingkat Ranting sampai hari ini sekitar 60 persen,” ungkap Ketua LTMNU Trenggalek Kiai Imam Mujtahid seusai acara pembinaan LTM MWC di Gedung NU Trenggalek, Rabu (15/12/2021).

Dikatakan Kiai Tahid, pengurus LTMNU tingkat MWC atau kecamatan sudah terbentuk semuanya sejak sepuluh hari setelah pelantikan. Sebab meski belum dilantik, pihaknya sudah melangkah terlebih dahulu.

Setelah tingkat MWC terbentuk, langkah selanjutnya adalah membentuk pengurus LTMNU di seluruh Ranting se-kabupaten Trenggalek.

“Yang pengurus Rantingnya sudah terbentuk semua: MWCNU Kampak, Durenan, Trenggalek Kota, Pule. (Adapun) Tugu, Dongko, Munjungan, dan Pogalan masih sebagian. Itu data yang masuk ke kami,” katanya.

Kiai Tahid menambahkan, pembentukan pengurus Ranting tersebut seiring dengan pendataan masjid dan mushala se-Kabupaten Trenggalek. Program tersebut juga berada dalam satu koordinasi dengan PB LTMNU.

“Targetnya, tanggal 19 Desember ini (pembentukan) LTMNU Ranting selesai. Itu untuk bahan Pleno PBNU di Muktamar,” imbuhnya.

Pengurus Ranting LTMNU Berbasis Masjid/Mushala

Masih menurut Kiai Tahid, pengurus LTMNU di tingkat kecamatan di-SK-kan oleh MWCNU masing-masing. Begitu juga pengurus Ranting, sesuai arahan dari PB, SK-nya diterbitkan oleh MWC.

“Di tingkat MWC, masih Suruh yang pengurus LTM-nya sudah dilantik. (Mereka) dilantik oleh MWC Suruh,” ungkapnya.

Sesuai arahan PB, pengurus LTMNU di tingkat Ranting harus berbasis masjid atau mushala. Maksudnya, pengurus di tiap Ranting harus dipilih dari pengurus atau takmis masjid atau mushala di desa masing-masing.

“Yang tahu seluk-beluk dan maju-mundurnya masjid itu ya takmir masjid. Tujuannya agar masjid dan mushala nantinya bisa makmur dan berjalan, termasuk kepengurusannya,” lanjutnya.

Pembentukan Ranting LTMNU berbasis masjid atau mushala se-kabupaten Trenggalek menjadi salah satu program awal PC LTMNU Trenggalek bareng Pengurus Besar. Program utama lainnya adalah pendataan masjid dan mushala. Kemudian namborisasi masjid.

(arkha)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…