Di momen Hari Santri Nasional 2021, Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Trenggalek menggelar pelatihan falakiyah dan hisab, Ahad (7/11/2021). Pelatihan dilaksanakan di PP. Bumi Hidayah At-Taqwa Kedunglurah, Pogalan.

Dituturkan Ketua LFNU Trenggalek Kiai Ali Musyafak, pelatihan ini dimaksudkan untuk menggeliatkan ilmu falak dan hisab yang selama ini relatif sepi peminat.

“Di mana-mana begitu (sepi peminat), makanya kader ahli falak dan hisab khususnya di Trenggalek minim,” ungkap Kiai Syafak, panggilannya.

Karena itulah, lanjutnya, tujuan lembaganya menyelenggarakan pelatihan ini di antaranya untuk memperbanyak kader ahli falak dan hisab yang ada di kabupaten Trenggalek.

Masih menurut Kiai Syafak, target dari pelatihan ini yaitu peserta mampu menghitung atau menentukan waktu salat secara mandiri. Apalagi jika mengingat bahwa kondisi topografis kabupaten Trenggalek sangat beragam.

“Misalnya di daerah kota Trenggalek yang ketinggiannya sekitar 110 meter dpl, waktu masuk salatnya tentu tidak sama dengan yang di kecamatan Bendungan yang pegunungan,” imbuhnya.

Diawali dengan pelatihan ini ia berharap ke depan, tiap MWC (Majelis Wakil Cabang) atau kecamatan memiliki ahli falak dan hisab sehingga mampu menyusun jadwal imsakiyah yang lebih akurat.

Ketua PC LFNU Trenggalek, Kiai Musyafak, yang menjadi pemateri dalam pelatihan menjelaskan simulasi penghitungan waktu salat kepada peserta, Ahad (7/11).

Di kesempatan yang sama, Ketua PCNU Trenggalek KH. Fatchulloh Sholeh mengatakan bahwa pelatihan falakiyah ini merupakan bagian dari khidmah kepada Nahdlatul Ulama dan para masyayikh. Khususnya dalam rangka mencetak kader ahli falak dan hisab.

“Pelatihan ini dilaksanakan di momen HSN PCNU Trenggalek. Semoga bermanfaat dan barokah,” pungkas pengasuh PP. Bumi Hidayah at-Taqwa ini.

Pelatihan bertajuk Diklat dan Kaderisasi Ahli Falak-Hisab ini diikuti secara terbatas oleh 20 peserta dari Trenggalek. Acara dimulai jam 08.00 WIB dan dijadwalkan hingga jam 16.00 WIB. Hadir di acara ini pengurus LFNU Tulungagung dan Blitar.

(arkha)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…