Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU kecamatan Dongko menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) selama empat hari. Pelatihan dibuka pada Jumat malam (17/9/2021) dan dijadwalkan berlangsung hingga Senin (20/9).

Pelatihan yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda Cakul ini mengusung tema ‘Kader Asik Organisasi Menarik’.

Sekretaris PAC IPPNU Dongko Anggi Novita berharap, lulusan Lakmud IPNU-IPPNU Dongko 2021 ini nantinya dapat menjadi alasan agar organisasi IPNU dan IPPNU diminati oleh kaum muda.

“Sesuai dengan temanya, ‘Kader Asik’, suatu yang dirasa asyik pasti akan berakhir menarik. Ketika itu menarik, maka akan diminati banyak kalangan,” tutur Anggi seusai acara pembukaan.

Dijelaskan Anggi, kata asik memiliki filosofi yang luar biasa jika dipereteli satu persatu. Menurutnya, huruf “A” merupakan singkatan dari Aktif. Maknanya, kader tetap aktif di organisasi dalam keadaan apapun. Sedangkan “S” adalah Skill atau kemampuan. Adapun “I” adalah Intelektual, dan “K” bermakna Kreatif.

“Agar organisasi tidak membosankan, dan kegiatannya tidak terkesan monoton itu-itu saja, maka kita butuh kader aktif yang cerdas, ahli, dan kreatif,” ujarnya.

Di antara yang menarik dari acara pembukaan tersebut adalah pelantun ayat suci al-Qur’an, Muhammad Sholikudin, ternyata merupakan qari yang berprestasi. Alumni MA Nurul Huda Cakul tersebut pernah menyabet juara II lomba qiraat tingkat Aliyah, serta juara III pada lomba qiraat kelas umum di tingkat kecamatan.

“Selain berlatih di kampus, saya juga latihan qira’ di rumah. Jadi di daerah saya dusun Nglangon kecamatan Dongko, setiap setelah salat Jumat ada semacam pelatihan qira,” ungkap mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN Satu) tersebut.

Peserta dari kegiatan Lakmud ini dibatasi untuk menghindari kerumunan. Terdapat 14 peserta yang terdiri dari 7 kader internal dan 5 kader eksternal. Seluruh ketua Ranting NU se-kecamatan Dongko turut hadir di acara pembukaan ini.

(Marissa)

Tinggalkan Balasan
You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…