Guna mengenalkan dan memperkuat paham Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah an-Nahdliyah kepada siswanya, Pengurus Komisariat (PK) IPNU dan IPPNU SMK Islam 1 Durenan Trenggalek menggelar Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta pada Sabtu (11/12/2021) hingga Minggu (12/12).

Makesta diikuti oleh 218 siswa-siswi kelas XI SMK Islam 1 Durenan yang belum mengikuti kaderisasi jenjang awal di IPNU dan IPPNU.

Acara pembukaan dilaksanakan di aula dan dihadiri oleh Ketua MWC dan para masyayikh NU Durenan. Hadir juga para wali siswa di acara tersebut.

Ketua Pelaksana Ilham Romadoni mengungkapkan, banyak peserta yang masih awam dengan adanya IPNU dan IPPNU. Karena itu, adanya Makesta bisa mengenalkan sekaligus menjaring kader-kader IPNU dan IPPNU lebih banyak lagi.

“Mungkin dari kegiatan ini tidak semua bisa bertahan aktif di IPNU-IPPNU. Seperti halnya padi kita akan menuai setelah tiga bulan, (namun) kita kenalkan dan tanamkan terlebih dahulu,” ucap Ilham.

Ilham juga berharap, Makesta ini dapat memotivasi Pengurus Komisariat dan juga Pengurus Ranting yang belum melaksanakan.

Sementara itu, CO kaderisasi PC IPPNU Trenggalek Alfiah Yuni mengatakan, sempat ada kendala terkait perizinan untuk menginap. Namun, dengan pertimbangan serta dukungan dari berbagai pihak, Makesta selama dua hari ini akhirnya bisa terlaksana.

“PC IPNU-IPPNU akan terus mendampingi serta membantu bila mana dibutuhkan. Untuk kedepannya, tugas PK membuat mereka yang merasa terpaksa, semakin tertarik dengan IPNU-IPPNU,” ujar Alfiah.

Makesta dilaksanakan oleh Pengurus Komisariat Assalam SMK Islam 1 Durenan. Selain itu juga dibantu oleh alumni Makesta tahun lalu, PAC Durenan, CBP-KPP, serta PC IPNU dan IPPNU Trenggalek.

(latifatunn.a)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…