Khutbah I

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى يَقْبَلُ الْأَعْمَالَ عَنْ عِبَادِهِ بِحُسْنِ النِّيَّاتِ. اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَاتِ، وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْخَلَائِقِ وَالْبَرِيَّاتِ

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الْقَائِلِ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الْمَعَادِ. َامَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَاللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ تَعَالَى حَقَّ تُقَاتِهِ فِى جَمِيْعِ اْلأَوْقَاتِ وَالْحَالَاتِ. فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: مَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ ۖ وَمَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِن نَّصِيبٍ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah!

Sebagai hamba yang beriman, marilah senantiasa kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dengan cara mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, karena takwa adalah bentuk kesempurnaan iman seorang hamba. Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat al-Maidah ayat 88:

وَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللهُ حَلَالًا طَيِّبًا، وَاتَّقُوْاااللهَ الَّذِى اَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُوْنَ

“Dan makanlah apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”

Dan marilah kita menata niat dengan benar sebelum melakukan suatu amal. Karena niat merupakan ruh yang menentukan sah atau tidaknya suatu amal. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadis sahihnya:

إِنَّمَاالْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَ إِنَّمَا لِكُلٍّ امْرِئٍ مَانَوَى

Artinya: “Sesungguhnya (sahnya) segala amal tergantung pada niat, dan sesungguhnya tiap-tiap orang akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang diniatkannya.”

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah!

Niat dalam terminologi fikih (mazhab Syafi’i), adalah menyengaja melaksanakan satu hal (قَصْدُالْفِعْلِ) dengan disertai menjalankan sebuah kegiatan (مَقْرُوْنًا بِفِعْلِهِ) yang ia maksud.

Hadirin, kita sering mendengar di kalangan awam yang mengatakan: “Yang penting niatnya (dalam bahasa Jawa: sing penting niate)”. Sementara ia tidak melakukan suatu amal apapun. Melihat dari arti niat di atas, jelas perkataan seperti itu tidak benar, atau dalam bahasa Jawanya: salah kaprah.

Dalam kitab Ta’limul Muta’alim dijelaskan, Kanjeng Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadisnya yang sahih:

كَمْ مِنْ عَمَلٍ يَتَصَوَّرُ بِصُوْرَةِ أعْمَالِ الدّنْياَ وَيَصِيْرُ بِحُسْنِ النِّيَّةِ مِن أَعْمَالِ الآخِرَة، كَمْ مِنْ عَمَلٍ يَتَصَوَّرُ بِصُوْرَةِ أَعْمَالِ الْآ خِرَةِ ثُمَّ يَصِيْرُ مِن أَعْمَالِ الدُّنْيَا بِسُوْءِ النِيَّةِ

Artinya: “Banyak amal yang tampak (seperti) amal dunia, tetapi karena niatnya bagus maka akan menjadi amal akhirat. Dan banyak amal yang tampak (seperti) amal akhirat, akan tetapi akan menjadi amal dunia, lantaran niatnya buruk.

Jadi, jelas bahwa niat merupakan perkara yang tidak boleh dianggap remeh. Karena, kita beramal akan berpahala atau justru sia-sia bahkan berdosa, semua tergantung niatnya. Akan tetapi kita tidak boleh hanya berniat tanpa diikuti amal perbuatan yang nyata. Dan kita harus meluruskan niat disetiap amal perbuatan gar tidak merugi. Karena tujuan kita bukan hanya sekedar keuntungan di dunia, namun lebih dari itu, puncak tujuan kita adalah akhirat.

Selaras dengan firman Allah Ta’ala dalam surat as-Syura ayat 20 yang berbunyi:

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: مَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ ۖ وَمَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِن نَّصِيبٍ

Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat, akan Kami tambah keuntungan baginya. Dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia, dan tidak ada baginya suatu bagian di akhirat.”

Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menggambarkan bahwa bagi hamba-Nya yang beramal karena tujuan akhirat, Dia akan memudahkan urusan hamba-Nya dan memberi balasan yang berlipat ganda. Dan bagi orang yang hanya mencari keuntungan dunia, maka Allah Ta’ala akan memberikan sesuai yang dikehendaki-Nya saja, dan ia akan merugi di akhirat karena tidak akan menerima sedikitpun pahala dari-Nya.

Hadirin Jamaah Jum’ah rahimakumullah!

Akhirnya, semoga kita semua mendapatkan petunjuk dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala, semua amal kita baik amal dunia maupun amal akhirat, diniatkan dengan amal akhirat, sehingga kita semua beruntung di dunia dan beruntung di akhirat.

باَرَكَ اللهُ لِىْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَ نَفَعَنيِ وَ إِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْأَياَتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنّىِ وَ مِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ ولَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، إِنَّهُ هُوَالْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى بَشَّرَالْمُتَّقِيْنَ بِأَنَّ لَهُمُ الْحُسْنَى فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ. أَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ أَشْرَفِ الْمَخْلُوْقَاتِ، وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَهْلِ التَّقْوَى وَالْمَغْفِرَةِ

فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! اِتَّقُوْاااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَاتَمُوْتُنَّ اِلَّاوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَأَيُّهَاالَّذِيْنَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَارْضَ عَنْهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلاَءَ وَالْغَلَاءَ وَالْفَخْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. يَارَبَّ كُلِّ شَيْءٍ بِقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، اِغْفِرْلَنَا كُلَّ شَيْءٍ وَلَاتَسْىأَلْنَا عَنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَاتُحَاسِبْنَا فِى كُلِّ شَيْءٍ وَاَعْطِنَا كُلَّ شَيْءٍ. اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.وَالْحَمْدللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَخْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Teks Khutbah Jumat berbahasa Indonesia edisi 20 Jumadil Akhir 1444 H / 13 Desember 2023 ini disusun oleh Kiai Ali Asmungi, Ketua PC LDNU Trenggalek; editor BNA.
You May Also Like

Bacaan dan Tata Cara Bilal Shalat Jumat (Panduan Singkat)

Dalam pelaksanaan shalat Jumat, bilal atau muraqqi mempunyai peran yang penting. Bilal…

Khutbah Jumat Basa Jawa: Menakar Perjalanan Hidup di Dunia untuk Kehidupan di Akhirat (LDNU Trenggalek)

Khutbah I اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ اَلْحَمْدُللهِ الَّذِيْ وَعَدَ الَّذِيْنَ آمَنُوْا…

Khutbah Jumat Basa Jawa LDNU Trenggalek: Makna lan Kautamaan Wulan Rajab

Khutbah I الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ…

Tata Cara dan Bacaan Bilal Salat Idul Adha

Bilal atau Muraqqi adalah seseorang yang bertugas mengumandangkan tarqiyah (seruan kepada jamaah untuk melaksanakan salat). Berikut tata cara dan bacaan bilal salat Idul Adha.