Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) PCNU Trenggalek turut memeriahkan gelaran Istighotsah Akbar Hari Santri dengan membuka bazar buku, Ahad (6/11/2022). Bazar dibuka di teras GOR Gajah Putih.

Sekretaris LTN NU Trenggalek Androw Dzulfikar mengatakan, bazar ini dimaksudkan untuk mengampanyekan literasi buku di kalangan warga nahdliyin. Apalagi sehari sebelumnya, lembaganya meluncurkan tiga buah buku yang dua di antaranya mengangkat sosok kiai Trenggalek.

“Niat kami mempromosikan buku yang kami launching kemarin, sekaligus juga kampanye literasi buku,” kata Androw, Ahad (6/11).

Ada puluhan buku bertema ke-NU-an yang diekspos di meja berukuran kurang lebih 2 x 1 meter. Sebagian besar buku tersebut, kata Androw, merupakan jariyah dari sahabatnya, agar dimanfaatkan untuk penguatan gerakan literasi.

Buku-buku tersebut tidak untuk diperjualbelikan, tapi bisa dibaca di tempat. Adapun untuk tiga buku yang baru saja diluncurkan, pengunjung bisa memesan ke LTN NU Trenggalek.

Ketiga buku yang baru saja diluncurkan berjudul ‘Senarai Gagasan Kader Muda NU Trenggalek’, buku biografi KH Kholil Majid, dan buku mengenang almarhum Gus Loh.

“Buku kami masih pre-order, sampai tanggal 15 November depan. Tapi banyak juga yang memesan buku lainnya, terutama tentang ibadah keseharian,” tambahnya.

Androw mengaku, ke depan ia akan memperbanyak kegiatan bazar buku seperti ini agar makin mengakrabkan warga nahdliyin pada buku.

“Persis yang disampaikan Gus Yusuf (Ketua PCNU Trenggalek) saat sambutan kemarin (di acara launching buku), ini adalah tugas besar LTN NU, (yaitu) mengangkat tokoh pendahulu NU dan menjadi ujung tombak bertemunya pemikiran,” pungkas Androw.

Diberitakan sebelumnya, PCNU Trenggalek menggelar Pawai Taaruf dan Istighotsah Akbar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022, Ahad (6/11). Pawai Taaruf berangkat dari alun-alun Trenggalek dan finish di GOR Gajah Putih. Sesampai di titik finish, peserta lanjut istighotsah bersama para masyayikh.

Di arena istighotsah tersebut, LTN NU Trenggalek membuka bazar buku untuk mengampanyekan literasi sekaligus mempromosikan buku yang baru saja diluncurkan.

Pewarta: Zein Ave

Editor: Androw Dzulfikar

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…