PCNU Trenggalek beserta Lembaga dan Banom menyampaikan bela sungkawa kepada para korban kasus terorisme di Mako Brimob pada Kamis (10/5). Gus Loh juga mendukung aparat kepolisian dalam menangani dan mencegah aksi terorisme dan radikalisme.

Trenggalek – Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Trenggalek menyampaikan belasungkawa atas gugurnya lima personil polisi dalam insiden kerusuhan napi terorisme di Rutan Mako Brimob, Depok.

“PCNU Trenggalek beserta seluruh Lembaga dan Banom sangat prihatin atas kejadian di Mako Brimob kemarin. Semoga anggota Polri yang menjadi korban mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT, husnal khatimah,” tutur Ketua PCNU Trenggalek, KH. Fatchulloh Sholeh, seusai Megengan Kubro Kamis (10/5) kemarin.

Aksi terorisme apapun, termasuk napiter (napi terorisme) yang ngamuk di Mako Brimob, lanjut Gus Loh, merupakan kejahatan kemanusiaan dan tidak dibenarkan dalam ajaran Islam.

Karena itu, PCNU Trenggalek mendukung aparat kepolisian untuk melawan dan mencegah munculnya aksi-aksi terorisme dan radikalisme, terutama terorisme yang mengatasnamakan agama.

“Kita, jama’ah NU, sebagai penjaga NKRI harus tetap waspada dan mengawasi lingkungan sekitar kita, di Trenggalek ini,” kata Gus Loh.

Di tempat yang sama, Kasatbinmas Polres Trenggalek, Suyono, menambahkan, terorisme merupakan kejahatan yang mungkin terjadi dimanapun, termasuk Trenggalek. Apalagi, mengingat di Trenggalek pernah ada kasus terorisme yang ditangani kepolisian.

“(Tetapi) Alhamdulillah, saat ini Trenggalek aman (dari ancaman terorisme),” kata Suyono saat ditanya perihal potensi terorisme terkini di Trenggalek.

Namun demikian, lanjutnya, warga Trenggalek harus tetap waspada terhadap potensi terorisme dan radikalisme di lingkungan masing-masing.

“Pesan saya, mari kita satukan tekad. Kita bersama-sama antara aparat, ulama, warga, dan semuanya, untuk mengantisipasi terorisme dan radikalisme,” pungkas Suyono.

(Androw Dzulfikar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…