Suasana Maulid Nadi Muhamad saw di Masjid Joglo yang masih dalam proses pembangunan, Selasa (19/10).

Ada yang berbeda dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad saw dan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Trenggalek, Selasa (19/20/2021). Pasalnya, lokasi acara ditempatkan di Masjid Joglo di Dusun Ngampon, Desa Rejowinangun, yang masih dalam proses pembangunan.

Acara dimulai dengan pembacaan surat Yasin dan tahlil bersama. Dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simtud Durrar oleh grup shalawat pemuda Ngampon yang berkolaborasi dengan Rijalul Ansor Trenggalek.

Ketua GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki menuturkan, banyak hajat dalam satu kegiatan pada malam tersebut. Hajat yang pertama yaitu memperingati Maulid Nabi Muhammad saw dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

“Hajat pertama adalah memperingati hari kelahiran Baginda Rasulullah saw, selanjutnya memperingati HSN,” kata Gus Zaki, panggilannya.

Gus Zaki menjelaskan, masjid yang sedang dalam proses pembangunan ini bukan milik golongan maupun pribadi. Akan tetapi milik bersama untuk kepentingan beribadah meski tidak bisa untuk melaksanakan salat Jumat.

“Masjid ini milik Panjenengan semua, dedikasikan untuk masyarakat di sini karena lokasi tempat ibadah termasuk jauh,” imbuhnya.

Ia juga berharap, pembangunan Masjid Joglo ini kelak akan menambah suasana pendidikan serta kegiatan Islami, terutama bagi anak muda dan anak-anak kecil yang berada di sekitar masjid.

“Ini sebagai bentuk peninggalan kepada masyarakat dan kepada penerus kita,” lanjut pengasuh PP. Al-Falah Kedunglurah Pogalan tersebut.

Terkait pembangunan, pihaknya mengaku sudah mendapatkan restu langsung dari tokoh setempat, termasuk dari Pengurus Cabang NU Trenggalek. Harapan Gus Zaki, pembangunan Masjid Joglo segera selesai tidak sampai awal tahun.

“Paling tidak, akhir tahun bisa digunakan untuk sholat jamaah,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, GP Ansor Trenggalek membagikan laba dari penanaman saham Nusantara Celuler.

(Madkhan)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…