Pamflet baksos Explore Alas Prigi bersama GJMX bersama Ketua GP Ansor Trenggalek Gus Zaki.

Dalam rangka bakti sosial menggalang dana untuk kemaslahatan umat, Pimpinan Cabang GP Ansor Trenggalek bakal mengadakan ‘Baksos Pembangunan Masjid Jannatul Ilmi’ dengan kemasan trail ‘Explore Alas Prigi’.

Baksos dengan konsep trail ‘Explore Alas Prigi’ dijadwalkan akan diselenggarakan pada hari Ahad, 5 Desember 2021.

Ketua GP Ansor Trenggalek Agus Izuddin Zakki menuturkan, komunitas-komunitas trail sudah sering mengadakan baksos ketika ada masjid, mushala, atau madrasah yang dibangun. Karena kebetulan hobinya trail, sekalian mengundang beberapa klub atau komunitas untuk menggalang dana.

“Kita menginisiasi, selanjutnya dilaksanakan Ranting Ansor Tasikmadu bekerja sama dengan komunitas trail lokal untuk mengadakan baksos,” kata Gus Zaki melalui sambungan telepon, Jum’at (8/10/2021).

Menurut Gus Zaki, karena baksos dikemas dalam even trail, panitia akan mengajak peserta berkeliling di lokasi-lokasi jalur yang ditentukan sekaligus mengeksplorasi wisata.

Baksos Explore Alas Prigi akan mengambil titik start dan finish di Dusun Tenggong Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Adapun rute yang diambil yaitu sepanjang bibir pantai dan hutan-hutan yang membentang luas.

Panitia juga akan mengarahkan peserta yang datang untuk langsung berangkat. Dengan begitu tidak terlalu banyak penumpukan peserta di lokasi.

“Jadi tidak menimbulkan kerumunan. Itupun sudah di alam terbuka, di pesisir pantai selatan,” imbuhnya saat disinggung perihal Protokol Kesehatan.

Terkait estimasi jumlah komunitas, Gus Zaki mengungkapkan bahwa di tiap kecamatan yang ada di Trenggalek setidaknya ada satu atau dua klub trail. Satu komunitas rata-rata beranggotakan 10 orang.

Mereka juga sudah terbiasa mengadakan baksos menggalang donasi di tiap even trail. Setelah terkumpul, donasi disumbangkan secara langsung.

“Misinya bukan hanya suka-suka, tapi lebih kepada bakti sosial. Sudah sering di daerah lain mengadakan seperti itu,” ujar pengasuh PP. Al Falah Kedunglurah ini.

Mengaca dari pengalaman baksos di Tuban dan Probolinggo yang bisa mengumpulkan donasi hingga 60 juta, Gus Zaki juga mempunyai target perolehan meski mengaku realistis.

“Baksos trail di Pogalan Oktober tahun kemarin dapat 30 juta, di Karangan dapat 30 sampai 40 juta. Target kita di range itulah,” pungkasnya.

Even ‘Explore Alas Prigi’ dijadwalkan akan diselenggarakan pada hari Ahad, 5 Desember 2021. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Hari (0813-3108-8295) atau Han (0852-3666-1888).

(Madchan Jazuli)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…