Meski belum dilantik secara resmi, Pimpinan Anak Cabang (PAC) JQHNU Kecamatan Dongko sudah berhasil membentuk kepengurusan hingga tingkat Ranting. Bahkan, di beberapa Ranting sudah terbentuk kepengurusan tingkat Anak Ranting.

Hal itu diketahui Ketua PC JQHNU Trenggalek Ustaz Rizal Furqan Ramadhan saat menghadiri Istima’ul Qur’an bil Gaib yang digelar PAC JQHNU Dongko di MI Nurul Huda Cakul pada Ahad (12/9/2021).

“Saya sempat kaget. Lhawong pengurus PAC-nya saja belum dilantik, kok sudah tancap gas membentuk pengurus hingga tingkat Ranting dan Anak Ranting,” ungkap Ustaz Rizal, sapaannya.

Dituturkan Ustaz Rizal, sejumlah 12 desa di kecamatan Dongko sudah terbentuk kepengurusan tingkat Ranting, meski ada yang prosesnya masih berjalan. Dan beberapa di antara Ranting yang sudah terbentuk tersebut juga sudah membentuk kepengurusan tingkat Anak Ranting di tiap dusun.

“Sangat luar biasa PAC Dongko ini. Padahal kecamatan Dongko kalau melihat dari sejarah, dapat dikatakan bukan basis santri seperti daerah-daerah lain,” imbuhnya.

Dengan adanya Istimaul Qur’an, menurut Ustaz Rizal, Dongko tidak lagi hanya kelihatan seni Jaranannya yang selama ini menonjol. Akan tetapi sekarang, kegiatan keagamaan juga mewarnai.

Lebih lanjut, Ustaz Rizal mengaku bangga dan sangat mengapresiasi semangat juang para pengurus JQHNU di Dongko, baik di jajaran PAC maupun Ranting. Ia juga memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua PAC Dongko, Ustaz Imam Thoyib, yang tak kenal lelah menyemangati para pengurus agar segera mengadakan kegiatan secepat mungkin.

Ketua PC JQHNU Trenggalek Ustaz Rizal bersama Ketua PAC Dongko Ustaz Imam Thoyib di sela-sela Istimaul Qur’an, Ahad (12/9)

Hasilnya, PAC JQHNU Dongko sudah memiliki agenda rutinan dalam bentuk Istimaul Qur’an bil Ghaib yang qarinya merupakan para huffadz lokal.

“Sebenarnya PAC JQHNU Dongko mau kita lantik sejak sekitar Mei kemarin, dengan mendatangkan pengurus Wilayah (Jatim). Tapi berhubung ada PPKM, kita tunda,” lanjutnya.

Ustaz Rizal juga berpesan kepada Ketua dan segenap pengurus PAC JQHNU Dongko agar tetap semangat dalam berkhidmat. Karena di rumah besar Nahdlatul Ulama, tidak ada materi yang diharapkan kecuali hanya mengharap keberkahan.

“Modalnya hanyalah semangat. Dan kita doakan kepada seluruh pengurus JQHNU di Dongko, khususnya Ketua, agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam berkhidmah di NU,” pungkasnya.

Istimaul Qur’an PAC JQHNU Dongko yang dilaksanakan di MI Nurul Huda Cakul merupakan rutinan kedua yang dilaksanakan selapan sekali tiap Ahad Legi. Acara dimulai sejak jam 05.30 pagi hingga sekitar jam 16.00 WIB.

(arkha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…