Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam (سيد الايام), penghulu atau pemimpin segala hari. Keistimewaan hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lain dalam satu pekan banyak disebutkan oleh ulama-ulama terdahulu. Termasuk sejumlah amalan hari Jumat yang dianjurkan untuk dilakukan.

Sayyid Abdullah bin Alwi al-Haddad, sebagaimana dikutip Syekh Abu Bakar Syatha, mengatakan:

أن يوم الجمعة سيد الأيام وله شرف عند الله العظيم

Artinya: “Sesungguhnya hari Jumat merupakan pimpinan (penghulu) hari-hari, hari Jumat mempunyai kemuliaan di sisi Allah yang Mahaagung.” (Hasyiyah I’anatut Thalibin)

Pada hari itu, hari Jumat, Allah Swt menciptakan Nabi Adam a.s.. Hari itu juga, Allah mendatangkan kiamat, dan memberikan izin bagi penduduk surga untuk berziarah kepada-Nya.

Para malaikat menamakan hari Jumat dengan nama Yaumul Mazid atau Hari Tambahan. Sebab, Allah Swt banyak membuka pintu rahmat dan mencurahkan anugerah serta menyebarluaskan kebaikan-Nya. Pada hari itu, ada satu waktu yang mulia di mana doa pasti dikabulkan.

Imam Suyuti dalam kitabnya, ‘Amal Yaum wa Lailah, menjelaskan sebagai berikut:

ويقرأ بعد الجمعة قبل أن يتكلم: الإخلاص والمعوذتين (سبعا سبعا). ويكثر من الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم سوم الجمعة وليلة الجمعة. ويصلى راتبة الجمعة التي بعدها في بيته لا في المسجد. وما ذا يفعل بعدها؟ ويمشى بعدها لزيارة أخ أو عيادة مريض أو حضور جنازة أو عقد نكاح

Artinya: “Nabi saw membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya. Beliau juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi saw? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.”

Lantas apa saja amalan atau ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat?

Amalan-Amalan Sunnah di Hari Jumat

1. Memperbanyak Shalawat kepada Nabi saw

Memperbanyak bershalawat di hari Jumat ini sesuai dengan hadis:

  أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد 

Artinya: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR Baihaqi)

2. Membaca Surat al-Kahfi

Dalam hadis riwayat al-Hakim disebutkan:

  من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين 

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi di hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat.”

3. Membaca Surat Yasin

Hadis riwayat Abu Dawud menyatakan:

   من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله 

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr. Hadis ini dinilai dlaif oleh Al-Manawi, namun tetap boleh diamalkan sebab dalam rangka fadlailul amal)

4. Memperbanyak Doa

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa pada hari Jumat sebab di dalam hari tersebut terdapat suatu waktu yang mustajab.

Syekh Jalaluddin al-Mahalli berkata:

ويكثر الدعاء يومها رجاء أن يصادف ساعة الإجابة 

Artinya: “Dan sunnah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah.” (Syarah Minhaj At-Thalibin)

Adanya waktu mustajab pada hari Jumat juga disampaikan oleh Sayyid Abdullah bin Alwi al-Haddad, sebagaimana dikutip oleh Syekh Abu Bakr Syatha:

وفي هذا اليوم ساعة شريفة يستجاب فيها الدعاء مطلقا وهي مبهمة

Artinya: “Dan pada hari tersebut (Jumat) terdapat satu waktu yang mulia dan mustajab, di mana doa dikabulkan secara mutlak, dan waktu tersebut disamarkan.”

5. Mempererat Tali Silaturahim

Dalam hadis yang dikemukakan oleh Imam Suyuti di atas, dapat dipahami bahwa hari Jumat dimanfaatkan oleh Nabi saw dengan mempererat tali silaturahim. Seperti mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri pengurusan jenazah, dan menghadiri akad nikah.

6. Memperbanyak Amal Kebajikan

Kita dianjurkan untuk memperbanyak amal kebajikan pada hari Jumat seperti sedekah, meminta maaf, bersilaturahim, dan lainnya. Sebab di hari tersebut, amal kebaikan akan dilipatgandakan 10 kali lipat. Demikian juga apabila berbuat maksiat, dosanya juga dilipatgandakan 10 kali lipat.

Syekh Abu Bakar bin Syatha berkata:

قوله: وسن إكثار فعل الخير فيهما أي في يوم الجمعة وليلتها، لما أخرجه ابن زنجوية عن ابن المسيب بن رافع قال من عمل خيرا في يوم الجمعة ضعف له بعشرة أضعاف في سائر الأيام، ومن عمل شرا فمثل ذلك اه. إرشاد العباد. ويقاس باليوم: الليلة، إذ لا فرق

Artinya: “Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata: ‘Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan 10 kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian. Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Hasyiyah I’anatut Thalibin)

7. Mandi Jumat.

Rasulullah saw bersabda:

  من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل 

Artinya: “Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat, baik laki-laki maupun perempuan, maka hendaklah mandi.” (HR Ibnu Hibban)

Namun demikian, kesunnahan mandi Jumat tidak terbatas pada orang yang hendak melaksanakan shalat Jumat saja, tetapi juga secara umum asalkan sejak awal memiliki niat untuk melakukan shalat Jumat. Hal ini sebagaimana dikatakan Syekh Nawawi al-Bantani berikut ini:

وأما آداب الجمعة فكثيرة منها أنه (سن لمريدها) أي لمن أراد حضور الجمعة (غسل) وإن لم تجب عليه بل وإن حرم عليه الحضور كامرأة بغير إذن حليلها على المعتمد

Artinya: “Adapun adab dalam shalat Jumat itu banyak, salah satunya adalah disunnahkan bagi orang yang menghendaki untuk mendatangi shalat Jumat untuk mandi, walaupun shalat Jumat tidak diwajibkan baginya bahkan walaupun haram baginya untuk mendatangi shalat Jumat seperti perempuan yang tidak mendapatkan izin dari suaminya sebagaimana pendapat yang mu’tamad.” (Nihayatuz Zain)

Demikianlah amalan-amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat, sesuai dengan sunnah Nabi saw. Amalan atau ibadah tersebut juga berlaku mulai dari malam Jumat (Kamis malam).

*Androw Dzulfikar; disarikan dari NU Online.
You May Also Like

Bacaan dan Tata Cara Bilal Shalat Jumat (Panduan Singkat)

Dalam pelaksanaan shalat Jumat, bilal atau muraqqi mempunyai peran yang penting. Bilal…

Amalan dan Doa Nisfu Sya’ban: Baca Surat Yasin 3x

Malam ini, Kamis malam Jumat tanggal 17 Maret 2022, adalah malam Nisfu…

Poin-Poin Kajian Buya Arrazy Hasyim PW Rijalul Ansor Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jatim kembali…

Dalil Penentuan Jumlah Bilangan Bacaan Wirid atau Dzikir

Adapun soal penentuan bilangan dan lafaznya, maka sebenarnya sama saja bisa ditentukan…