Pelatihan administrasi yang dilaksanakan PAC IPNU dan IPPNU Tugu berbuah manis dengan diraihnya Juara I dalam IPNU-IPPNU Trenggalek Award 2021 untuk kategori Administrasi Terbaik.

Administrasi merupakan perkara yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan organisasi, termasuk IPNU dan IPPNU. Pasalnya, administrasi memiliki fungsi penggerak organisasi dalam hal mengambil keputusan, merencanakan, mengendalikan, serta mengevaluasi tiap kegiatan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Hal itu ditegaskan Liska Aji Mardani, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Tugu Trenggalek, seusai Pelatihan Administrasi yang diselenggarakan di PP Qomarul Hidayah pada Ahad (12/9/2021).

“Bahkan sampai dapat mengetahui sehat atau tidaknya organisasi yang sedang dijalankan itu,” kata Liska.

Dituturkan Liska, kesadaran akan pentingnya administrasi membuat PAC IPNU dan IPPNU Tugu menggelar pelatihan administrasi secara rutin selapan sekali, tiap Ahad Legi.

Dengan adanya pelatihan tersebut, aktifitas kalangan muda di akhir pekan juga menjadi lebih produktif.

Di samping itu, pada periode kepengurusan baru yaitu 2020-2022 ini, banyak pengurus Ranting baik ketua maupun sekretarisnya yang masih sangat awam perihal surat menyurat. Itu menjadi alasan PAC IPNU dan IPPNU Tugu melaksanakan diklat administrasi.

“Sudah sejak tahun lalu pelatihan administrasi ini kami lakukan,” kata Liska.

Diklat administrasi dilaksanakan dilaksanakan di PP. Qomarul Hidayah Gondang Tugu pada Ahad (12/9).

Dengan mempelajari ilmu administrasi, lanjutnya, pengurus memiliki kemampuan untuk mengatur semua kegiatan yang berhubungan dengan administrasi. Baik tidak hanya dalam organisasi tetapi juga dalam kehidupan sehari hari.

“Misalnya menyusun skala prioritas kebutuhan dan lain-lain,” imbuh mahasiswi Universitas Terbuka tersebut.

Pelatihan administrasi yang rutin diselenggarakan ini berbuah manis. PAC IPNU dan IPPNU Tugu berhasil menyabet Juara I pada IPNU-IPPNU Trenggalek Award Tahun 2021 untuk kategori Administrasi Terbaik.

“Selain untuk mempertahankan prestasi yang sudah teraih, kami juga berharap setelah diadakan diklat ini, baik para kader maupun pengurus PAC IPNU-IPPNU Tugu mampu mengoreksi dan menata administrasinya untuk perkembangan organisasi,” pungkasnya.

(Marissa)

Tinggalkan Balasan
You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…