Belum genap seminggu melakukan penggalangan dana peduli korban erupsi gunung Semeru Lumajang, donasi yang berhasil dihimpun PCNU Trenggalek mencapai 102 juta rupiah.

“Sampai hari ini, yang sudah terekap ada 102.118.934 rupiah. Itu belum semua,” ungkap Ketua PC LazisNU Trenggalek Iwan Asyari di kantornya, Sabtu (11/12/2021).

Dituturkan Iwan, sebagian besar dari jumlah tersebut masih berasal dari LP Maarif NU dan warga masyarakat yang datang langsung ke Posko NU Trenggalek Peduli Bencana. Adapun Lembaga dan Banom lain, serta MWC NU belum melaporkan.

“Rencananya mulai Senin besok (13/12) kita transfer secara bertahap ke PWNU Jatim. Kalau donasi masih kita buka sampai 19 Desember,” tambahnya.

Sementara itu Ketua LPBI (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim) NU Trenggalek Abu Kholil mengatakan, untuk logistik, sesuai instruksi dari PWNU Jatim, sudah dihentikan. Sebab logistik di lokasi bencana sudah mencukupi untuk masa darurat.

“Bantuan ke depan akan diarahkan untuk program paska bencana seperti pembangunan huntara (hunian sementara), musala, dan fasilitas umum lainnya. PWNU yang nanti akan mengatur,” kata Kholil.

Di samping bantuan berupa uang, PCNU Trenggalek hari Sabtu itu juga mengirimkan enam relawan beserta logistik ke lokasi bencana di Pronojiwo, Lumajang. Mereka diberangkatkan oleh Ketua PCNU Trenggalek.

Diberitakan sebelumnya, PCNU Trenggalek pada Senin (6/12) menginstruksikan kepada seluruh Lembaga dan Banom serta MWC untuk melakukan penggalangan dana peduli bencana erupsi gunung Semeru Lumajang dan lainnya.

Dalam surat bernomor 349/PC-NU/TANF/A.I/L.25/XI/2021, penggalangan dana dilaksanakan secara serempak mulai tanggal 6 Desember hingga 19 Desember (14 hari). Adapun donasi dibatasi hanya berbentuk uang, makanan cepat saji, obat-obatan, dan diaper.

Kemudian, penyaluran donasi akan dikoordinasikan masing-masing Lembaga, Badan Otonom, atau MWC (Majelis Wakil Cabang), dan disalurkan melalui NU Care LazisNU Trenggalek.

Donasi berupa uang juga bisa ditransfer ke rekening BRI 0177-01001352568 atas nama NU Care Lazisnu Trenggalek.

Donasi berupa uang atau barang juga bisa diserahkan langsung ke posko di kantor NU Care LazisNU Trenggalek pada jam kerja.

(arkha)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…