4.200 Anak Ikuti Senam dan Lomba Tari Ma’arif NU Trenggalek

Rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2023 masih berlangsung. Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Trenggalek menggelar senam masal dan lomba tari yang diikuti anak PAUD. Sebanyak empat ribu anak berpartisipasi memeriahkan senam massal yang dipusatkan di Stadion Menak Sopal.

Ketua LP Ma’arif NU Trenggalek, Mohib Asrori, mengungkapkan bahwa kegiatan ini termasuk rangaian Semarak Festival Santri Ma’arif yang ketiga. Ma’arif Trenggalek menyelenggarakan 10 kegiatan yang terangkum dalam Semarak Festival Santri Ma’arif Trenggalek ke-3.

Hari ini kegiatannya adalah senam massal dan tari islami PAUD. Berarti di dalamnya ada PAUD, TK, RA, KB, SPS dan seterusnya.

“Ini dilaksanakan karena pendidikan dan wajah abad ke-2 Nahdlatul Ulama itu doktrinasi ideologi Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang paling tepat ya sejak dini, melalui adanya kegiatan ini,” ungkap Mohib Asrori saat dikonfirmasi, Kamis (2/11).

Pihaknya berharap, mengenalkan kepada anak-anak santri, ini hari santri menuju Hari Pahlawan. Supaya paham adanya Hari Pahlawan tersebut berkat adanya 22 Oktober yaitu hari Santri.

Mohib mengaku mengkonsep acara lebih santai mengingat rangkaian HSN 2023 di Trenggalek sangat padat, termasuk lomba-lomba di berbagai bidang dan tingkatkan. Sehingga ia cukup terkejut dengan animo peserta dan ditemani wali santri yang ikut memadati Stadion Menak Sopal Trenggalek.

Pasalnya, Mohib menjelaskan tidak sedikit keuangan madrasah atau sekolah yang saat ini sudah tutup anggaran. Tidak punya banyak dana untuk operasional siswa, tetapi melihat wali santri dan madrasah luar biasa. Terpantau lumayan banyak kendaraan pickup L300 yang parkir di stadion sebagai angkutan.

“Alhamdulillah melihat animo minatnya bagus jumlah peserta (senam massal) yang ikut kurang lebih sekitar 4.200-an. Sedangkan grup tari tadi yang melaporkan ada sekitar 32 peserta grup tari, mencakup 229 anak” ulasnya.

Ma’arif NU Trenggalek berharap, ini merupakan agenda tahunan di Hari Santri Ma’arif, yang disentuh segmen mulai anak usia dini PAUD yang SD sampai MI lebih mengena. Termasuk kemarin pelaksanaan Olimpiade sampai jenjang ,SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat sudah selesai, kemudian untuk besok Sabtu itu yang lebih fantastis ‘Jelajah Situs Sejarah Santri Trenggalek (LJS3T) Sakoma’.

Madchan Jazuli

Exit mobile version