Ribuan siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Panggul tumpah ruah di sepanjang Jalan Diponegoro hingga Jalan Panji Nawangkung, pada Selasa (22/11/2022). Mereka mengikuti pawai taaruf dalam rangka Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru atau KKG PAI Kecamatan Panggul.

Memakai baju atasan putih dan bawahan hitam, mereka membawa papan pamflet sambil meneriakkan yel-yel di sepanjang rute pawai.

Pawai taaruf mengambil start di depan Makoramil Panggul dan finish di Balai Rakyat Panggul, dengan rute sekitar 2 km.

Ketua KKG PAI Panggul, Baiq Hayun Nurwulan, mengatakan, pawai taaruf diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (22 Oktober) sekaligus Hari Anak Universal (20 November) dan Hari Guru (25 November).

“Ketiga momen tersebut kita peringati dengan pawai taaruf dengan tujuan memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak SD Negeri agar semakin senang untuk belajar agama dan mengaji,” kata Baiq.

Guru PNS di SDN 4 Nglebeng tersebut mengaku sangat bersyukur melihat tingginya antusias peserta. Hal ini dapat diketahui dari semangat para siswa dalam meneriakkan yel-yel serta banyaknya papan pamflet yang dibuat dengan begitu kreatif.

“Sekolah-sekolah juga sangat antusias mengikutkan siswanya, termasuk orang tua siswa. Semuanya mendukung kegiatan ini,” tambah Baiq.

Karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama kepada K3S atau Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Korwilcam Bidang Pendidikan, Pengawas PAI, Forkopimcam Panggul, dan juga donatur dan sponsor.

Dalam pawai ini, tidak kurang dari 3.000 siswa SD Negeri turut serta. Mereka merupakan siswa kelas 4, 5, dan 6 dari total 49 SD Negeri yang ada di Kecamatan Panggul. Mereka didampingi oleh Guru PAI dan Wali Kelas masing-masing.

Pawai diberangkatkan oleh Danramil pada jam 07.00 WIB dan sampai titik finish di Balai Rakyat Panggul pada jam 09.15 WIB dengan disambut oleh Camat Panggul.

Di Balai Rakyat, acara dilanjutkan dengan Gebyar Pentas Seni dari siswa. Seperti shalawat hadrah dari siswa SDN 1 Wonocoyo, Tari Islami dari SDN 2 Wonocoyo, menyanyi dari SDN 1 Ngrambingan dan SDN 2 Wonocoyo, Tepuk Wudu dari SDN 2 Bodag, Senam P5 dari SDN 2 Nglebeng, Tepuk Hak Anak, dan Lagu Pelajar Pancasila, dan penampilan lainnya.

Adapun pembacaan tartil al-Qur’an dibawakan oleh siswa  SDN 2 Sawahan.

Acara semakin meriah dengan adanya pembagian doorprize yang sudah disiapkan panitia. Di antaranya ada kompor gas, rice cooker, kipas angin, puluhan payung, peralatan ibadah, puluhan headphone, hingga puluhan paket perlengkapan sekolah siswa.

Puluhan personil Banser dari kesatuan Satkoryon Panggul juga dilibatkan untuk membantu aparat mengamankan jalannya kegiatan.

Pewarta: Androw Dzulfikar

Editor: Androw Dzulfikar

You May Also Like

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

Ning Nida Sabet Juara 1 MHQ Internasional di Kazan Rusia

Dewi Yukha Nida, qari internasional asal Trenggalek, berhasil menyabet juara I pada…

Panduan Zakat Fitrah oleh LBM PCNU Trenggalek

  TRENGGALEK – Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim. “Sesungguhnya Rasulullah Saw…

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…