Sejumlah 12 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) di Kabupaten Trenggalek dilantik Pimpinan Wilayah Jatim, Ahad (5/12/2021). Mereka dilantik secara serentak di Gedung Bawarasa Trenggalek.

“Selamat kepada seluruh pengurus Pimpinan Anak Cabang Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz se-Kabupaten Trenggalek masa khidmat 2021–2025 yang baru saja dilantik, dan selamat berjuang,” kata KH. DR. Zainul Arifin, Ketua PW JQHNU Jawa Timur, usai memimpin prosesi pelantikan.

Dalam prosesi tersebut, dilantik antara lain Rois Majelis Ilmi dan Ketua beserta Sekretaris dari 12 PAC JQHNU. Adapun Kiai Zainul didampingi Bendahara PW JQHNU, KH. Syaroful Minan.

Ketua Cabang JQHNU Trenggalek Ustadz Rizal Furqan Ramadhan dalam sambutannya mengatakan, dari 14 kecamatan yang ada di Trenggalek, masih ada dua kecamatan yang belum terbentuk pengurusnya. Keduanya yaitu Panggul dan Bendungan.

“Kita masih kesulitan di dua kecamatan tersebut. Tapi kita upayakan, insyallah segera kita bentuk,” tandas Ustadz Rizal.

Dosen UIN Satu Tulungagung ini juga menyebut bahwa pelantikan serentak ini merupakan salah satu tonggak sejarah tentang eksistensi JQHNU di Trenggalek. Dikarenakan, masih diperiode ini Banom NU yang fokus di bidang Al-Qur’an ini bisa terbentuk strukturnya secara massif di tingkat kecamatan.

“Setelah (pelantikan) ini, PR Njenengan semua adalah membentuk pengurus Pimpinan Ranting di PAC masing-masing,” ungkap Ustadz Rizal.

Selain itu, lanjutnya, adalah mengenalkan organisasi JQHNU ke masyarakat luas, mengembangkan dan membesarkannya.

Di kesempatan tersebut, Ustadz Rizal mengungkapkan bahwa selama belum dilantik, ada empat PAC yang sudah memiliki agenda rutin. Keempat PAC tersebut yaitu Watulimo (tiap Ahad Pon), Dongko (Ahad Legi), Gandusari (Ahad Wage), dan Pogalan (Ahad Pahing).

“Dan tidak kalah penting lagi, semua pengurus segera ikut kaderisasi di PKPNU dan MKNU,” pungkasnya.

Pelantikan 12 PAC JQHNU secara serentak dilaksanakan di gedung Bawarasa Trenggalek lantai 2. Hadir di acara tersebut Rois Syuriah PCNU Trenggalek KH. Mastur Ali dan Asisten Bupati Drs. Widarsono.

(arkha)

You May Also Like

Innalillahi, Bu Nyai Afifah Fanani Kedunglurah Wafat

Warga nahdliyin kabupaten Trenggalek berduka. Bu Nyai Hj. Afifah Fanani, istri (alm)…

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek

  TRENGGALEK – Tahun ajaran baru bagi lembaga pendidikan pondok pesantren umumnya…

100 Hafidz al-Qur’an Sambut Tahun Baru 1443 H di Desa Senden

Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriyah disambut berbeda oleh masyarakat desa Senden,…

PCNU Trenggalek Ziarah ke Makam Muasis NU dan Sesepuh Kabupaten Trenggalek

Jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan A’wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek berziarah…