Surat Himbauan PCNU Trenggalek Tentang Tindakan Pencegahan Virus Corona (Covid-19)

surat himbauan PCNU trenggalek tindakan preventif virus corona covid19-001

 

nutrenggalek.or.id – Mempertimbangkan situasi dan kondisi mengenai perkembangan virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah di Indonesia, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek mengeluarkan Surat Himbauan sebagai ikhtiar preventif mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut, utamanya di wilayah Kabupaten Trenggalek, pada Jum’at (20/3/2020).

Surat Himbauan dengan nomor 187/A/PC/Tanf/L-25/III/2020 tersebut ditujukan kepada Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan Ranting NU se-Kabupaten Trenggalek beserta Lembaga, Banom, dan Badan Khusus PCNU Trenggalek, Takmir Masjid/Musala dan Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, serta seluruh warga nahdliyin dan masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Himbauan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Menghimbau kepada segenap masyarakat Trenggalek untuk bersikap tenang dan proporsional, dengan tetap menjaga kewaspadaan, serta tidak melakukan perbuatan dan tindakan yang menimbulkan keresahan masyarakat.

  2. Husnudzon kepada Alloh SWT, danmentaati kebijakan dan arahan dari pemerintah dalam upaya ikhtiar preventif, agar tercapai kemashlahatan bersama.

  3. Mengisnstruksikan kepada pimpanan perangkat organisasi mulai dari Majelis Wakil Cabang, Pengurus Ranting, Badan Otonom dan Lembaga serta Badan Khusus PCNU Trenggalek untuk menunda kegiatan massal atau yang melibatkan peserta dalam jumlah besar sampai dengan ketentuan lanjut dari Pemerintah.

  4. Menghimbau kepada segenap masyarakat Trenggalek untuk semakin mendekatkan diri kepada Alloh SWT, dengan riyadlah dan mujahadah, memperbanyak ibadah, mengamalkan Qunut Nazilah, memperbanyak sedekah, dzikir, mengerjakan salat malam, istighotsah, dan memperbanyak membaca sholawat  secara berjamaah maupun sendiri sendiri di Masjid/Mushola atau kediaman masing masing. Adapun do`a tersebut antara lain:
    a. Shalawat Tibbil Qulub

    اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا،

    وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

    b. Doa Li Khamsatun

    لِي خَمْسَةٌ أُطْفِئ بِهاَ # حَرَّ الوَباَءِ الحاَطمَة

    المُصْطَفَى وَالمُرتَضَى # وَابْناَهُماَ وَفَاطِمَة

    c. Ijazah Rais Aam JATMAN NU, Maulana Habib Lutfi bin Yahya agar terhindar dari penyekit menular.

      بِسْمِ اللهِ الَّرحْمنِ الّرحِيْمِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ

     بِعَدَدِ كُلِّ دَاءٍ وَدَوَاءٍ

     

  5. Agenda rutin dengan peserta terbatas tetap dilanjutkan semisal Yasinan, Tahlilan, Manaqiban, Khususiyah dan sejenisnya sebagai bentuk Taqorrub Ilallah dengan tetap memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokol dari Pemerintah.

  6. Menghimbau kepada pengasuh Pondok Pesantren untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih dengan senantiasa berkoordinasi dengan instansi dan lembaga terkait.

  7. Menghimbau masyarakat untuk meningkatkan ukhuwwah wathaniyah dan basyariah, kepekaan dan solidaritas sosial dan semangat kebersamaan sebagai nilai-nilai luhur kehidupan dalam upaya bersama menghadapi virus tersebut.

Surat Himbauan tersebut dapat diunduh melalui tautan berikut:

Surat Himbauan PCNU Trenggalek tentang Tindakan Preventiv Pencegahan Virus Corona Covid-19

 

(Zein Ave)

2 Replies to “Surat Himbauan PCNU Trenggalek Tentang Tindakan Pencegahan Virus Corona (Covid-19)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *