LBM NU Trenggalek Kokohkan Nasionalisme Santri Lewat Seminar Buku Fikih Kebangsaan

Seminar Buku Fikih Kebangsaan Lirboyo Cak Iman LBM NU Trenggalek di PP Al Mursyid Duwet Ngetal Pogalan 3

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan even Seminar Buku Fikih Kebangsaan di PP. Al-Mursyid Duwet, Ngetal, Pogalan, pada Sabtu (7/11).

Seminar Buku yang juga disiarkan secara live streaming melalui Youtube NU Trenggalek Channel ini menghadirkan pembicara dari anggota tim penyusun sekaligus Ketua Lajnah Bahtsul Masail Pesantren Lirboyo, Agus Abdurrahman Auf Kafabihi.

Cak Iman, demikian beliau lebih populer, juga seorang selebgram yang berdakwah melalui media sosial Instagram dengan 77,9 ribu pengikut.

“Buku Fikih Kebangsaan ini penting diseminarkan di pesantren-pesantren agar santri memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, seperti maqalah Hadratussyaikh Hasyim Asyari, hubbul wathan minal iman: cinta tanah air adalah bagian dari keimanan,” beber Ketua PC LBM NU Trenggalek, Kiai Anwar Fanani.

Menurutnya, secara amaliyah, santri di pesantren tidak perlu diragukan lagi ke-NU-annya. Namun demikian, aktivitas sehari-harinya yang nyaris hanya mengaji kitab kuning klasik menjadikan wacana kebangsaan penting untuk sering-sering disampaikan di pesantren.

Seminar Buku Fikih Kebangsaan Lirboyo Cak Iman LBM NU Trenggalek di PP Al Mursyid Duwet Ngetal Pogalan

“Itu menjadi salah satu alasan kita memilih Pondok Al-Mursyid ini sebagai tempat seminar,” lanjutnya.

Acara Seminar Buku Fikih Kebangsaan dimulai pada pukul 09.30 WIB, setelah diawali dengan upacara pembukaan.

Hadir di acara pembukaan antara lain KH. Ghufron Saymsuri mewakili PCNU Trenggalek, MWC NU Pogalan, dan PRNU Pogalan.

Seminar Buku Fikih Kebangsaan Lirboyo Cak Iman LBM NU Trenggalek di PP Al Mursyid Duwet Ngetal Pogalan 2

Selain diikuti santri dan santriwati PP. Al-Mursyid, seminar buku juga dihadiri oleh Banom-Banom NU antara lain Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, PMII, IPNU dan IPPNU, serta jaringan Gusdurian Trenggalek.

Agenda ini juga diisi dengan bazar buku Fikih Kebangsaan yang merupakan Cetakan IV dan diterbitkan oleh penerbit Lirboyo Press.

 

(Androw Dzulfikar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *