Ansor Panggul Konferancab, Machrus Alwi Terpilih Sebagai Ketua

Selasa, April 17th 2018. | Warta

Agenda Sidang Pleno di Konferancab GP Ansor Panggul, Ahad (15/4/2018) kemarin. Sumber foto: Agus Muhdlor Abdul Aziz.

 

Panggul –  PAC (Pimpinan Anak Cabang) GP (Gerakan Pemuda) Ansor Panggul menyelenggarakan Konferancab (Konferensi Anak Cabang) di PP. As Salafi Darul Ummah, Desa Nglebeng, pada Ahad (15/4/2018) kemarin.

Forum musyawarah tertinggi tingkat Anak Cabang tersebut membahas beberapa agenda, diantaranya: perumusan program kerja, penyampaian laporan pertanggungjawaban, dan pemilihan Ketua.

Seperti dituturkan Ketua Panitia, Aris Taufiqin, ada beberapa program kerja prioritas yang berhasil ditetapkan, antara lain kaderisasi dan pemberdayaan kader terutama di bidang ekonomi.

“Intinya pemerataan (kaderisasi). Targetnya semua desa, selain ada kadernya, Pengurus Rantingnya juga semakin aktif,” kata Aris.

Selain merancang program kerja, Konferancab juga melaksanakan suksesi kepemimpinan. Pemilihan Ketua Ancab Panggul untuk periode 2018–2020 dihadiri oleh 17 delegasi dari Pengurus Anak Cabang dan Pengurus Ranting se-Kecamatan Panggul.

Melalui mekanisme voting, akhirnya Machrus Alwi, terpilih sebagai Ketua PAC GP Ansor yang baru.

 

Hasil akhir pemilihan Ketua melalui mekanisme voting. Sumber foto: Agus Muhdlor Abdul Aziz.

 

Mantan Ketua Ranting Depok tersebut mengalahkan empat kandidat lainnya dengan mengantongi 10 suara. Empat suara memilih Ahmad Munir, dan satu suara memilih Asrofi. Sedangkan dua suara abstain.

Sementara itu, Ketua Demisioner, Agus Muhdor Abdul Aziz, menyampaikan pesan dan harapan bagi periode kepengurusan yang baru. Salah satunya adalah penguatan ideologi kader. Menurut Gus Aziz, sapaan akrabnya, jika ada kajian pemikiran tokoh-tokoh NU oleh Ansor Panggul, selama ini yang dikaji masih sebatas pemikiran Gus Dur.

“Kita punya banyak tokoh sepuh NU. Setidaknya, tiga tokoh sentral NU: Kyai Hasyim, Kyai Wahab, dan Kyai Bisri. Semoga kedepan, pemikirannya dikaji rutin oleh sahabat-sahabat Ansor Panggul,” kata kyai muda pengasuh PP. Sabilul Hidayah tersebut.

Konferancab yang berlangsung sehari mengambil tema “Menanamkan Militansi Kader Guna Merevitalisasi Gerakan Pemuda Ansor yang Rahmatan lil ‘Alamin”. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain utusan PCNU, Ketua PC GP Ansor, segenap Banom NU di Kecamatan Panggul, dan Forkopimka (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Panggul.

(Anisa Apriliyani/Androw Dzulfikar)

tags: , ,

Related For Ansor Panggul Konferancab, Machrus Alwi Terpilih Sebagai Ketua